Efektivitas Teknik “Tell-Show-Do” terhadap Perilaku dan Denyut Nadi Anak usia 5-8 Tahun pada Perawatan Pecabutan Gigi Sulung dengan Anestesi Infiltasi di Rumah Sakit Universitas Brawijaya Malang
Main Author: | Giswi, Nabila Ainun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/178890/1/Nabila%20Ainun%20Giswi.pdf http://repository.ub.ac.id/178890/2/MAJALAH_NABILA%20AINUN%20GISWI_155070401111046.pdf http://repository.ub.ac.id/178890/ |
Daftar Isi:
- Perawatan gigi dan mulut anak membutuhkan penanganan yang sesuai dengan rasa emosional anak. Hal yang paling sering dintujukkan adalah perasaan gelisah dan takut. “Tell-Show-Do” merupakan salah satu manajemen perilaku yang dilakukan untuk mencegah kekhawatiran anak. Perilaku tersebut dilakukan dengan cara menjelaskan, memperlihatkan, dan melakukan prosedur perawatan gigi dan mulut yang akan dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas “Tell-Show-Do” terhadap perilaku anak usia 5-8 tahun berdasarkan Rating Frankl dan denyut nadi pada perawatan pencabutan dengan anestesi infiltrasi. Penelitian dilakukan dengan melakukan pengukuran Rating Frankl dan denyut nadi sebelum dan sesudah pemberian “Tell-Show-Do” pada perawatan pencabutan dengan anestesi secara infiltrasi. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 32 pasien anak dengan indikasi pencabutan menggunakan anestesi secara infiltrasi, masing-masing 16 pasien untuk kelompok intervensi dan 16 anak pada kelompok kontrol. Hasil analisa data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai Rating Frankl dan nilai denyut nadi sesudah “Tell-Show-Do” yang dilakukan pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol (uji Chi square Rating Frankl p= 0,002 dan Denyut nadi p=0,018). Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik “Tell-Show-Do” efektif dalam mengatasi rasa takut dan cemas pasien perawatan pencabutan dengan anestesi infiltrasi di RSUB berdasarkan Rating Frankl dan Denyut nadi