Penilaian Persepsi Visual Pengunjung Terhadap Elemen Interior Koridor Pusat Perbelanjaan (Studi Kasus: Pakuwon Mall Surabaya)
Main Author: | Iswara, Windhy Frida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/178800/1/Windhy%20Frida%20Iswara%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/178800/ |
Daftar Isi:
- Pakuwon Mall yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya dibangun dengan konsep “one stop servicing all matters” atau menyediakan seluruh kebutuhan dalam satu tempat. Oleh karena itu, desain interior ruang dari Pakuwon Mall merupakan salah satu faktor pendukung tecapainya konsep tersebut. Dimana tujuannya agar pengunjung dapat melakukan aktivitas dalam memenuhi semua kebutuhannya dengan nyaman. Koridor sebagai “jembatan” bagi pengunjung menuju toko atau tujuan lainnya di dalam mal memiliki peran penting untuk menjaga kenyamanan dan ketertarikan pengunjung. Kenyamanan dapat dicapai melalui persepsi visual dimana persepsi ini dapat mempengaruhi perilaku. Sehingga terdapat keterkaitan antara interior koridor mal dan persepsi visual guna terciptanya kenyamanan. Yusita dkk (2012) telah melakukan penelitian terhadap fasilitas pintu masuk (entrance) dan sirkulasi baik vertikal maupun horizontal (koridor) beberapa mal di Surabaya yang dimana hasilnya adalah Pakuwon Mall Surabaya merupakan mal yang desain koridornya memenuhi semua universal interior parameter yang diadaptasi dari Building for Everyone: A Universal Design Approach, booklet 2-3 (www.universal designs.ie). Hal ini melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini guna mengetahui bagaimana penilaian persepsi visual pengunjung terhadap interior koridor Pakuwon Mall Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif untuk mengetahui persepsi pengunjung dan dianalisis dengan menggunakan mean score analysis. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner. Jenis kuesioner yang digunakan adalah kuesioner tertutup dimana responden dalam penelitian ini adalah pengunjung Pakuwon Mall menjawab sejumlah pertanyaan yang telah diberikan dengan pilihan jawaban yang telah tersedia. Karakteristik pengunjung Pakuwon Mall didominasi oleh pelajar/mahasiswa perempuan dengan rentang usia 16-25 tahun dan berdomisili dari luar Surabaya didapatkan dari hasil penelitian. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penilaian persepsi visual pengunjung terhadap koridor Pakuwon Mall adalah sangat baik untuk koridor titik A yang merupakan koridor menuju Grand Atrium dilihat dari mean score yang didapatkan terbesar dibandingkan kedua titik koridor lainnya. Untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan penelitian terhadap elemen arsitektural lain pada objek yang sama atau dapat juga dilakukan penelitian dengan topik sejenis pada obejek penelitian yang berbeda atau dapat juga dilakukan penelitian pada objek yang sama namun dengan metode yang berbeda