Pengaruh Status Consumption Terhadap Fashion Consciousness dengan Religiosity Sebagai Variabel Moderasi (Survei pada Pengguna Fashion Hijab di Kota Malang)

Main Author: Umah, Nafi Faridhatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178758/1/Nafi%20Faridhatul%20Umah.pdf
http://repository.ub.ac.id/178758/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh Status Consumption terhadap Fashion Consciousness (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh Status Consumption terhadap Fashion Consciousness yang dimoderasi oleh variabel Religiosity. Variabel pada penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu Status Consumption, variabel dependen yaitu Fashion Consciousness dan variabel moderasi yaitu Religiosity. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Kriteria populasi dalam penelitian ini adalah wanita yang menggunakan hijab, berusia minimal 19 tahun dan berdomisili di Kota Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 152 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner offline. Metode analisis data menggunakan analisis Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel status consumption berpengaruh positif signifikan terhadap variabel fashion consciousness. (2) variabel religiosity sebagai variabel moderasi berpengaruh negatif dan signifikan pada hubungan variabel status consumption terhadap fashion consciousness. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang berlawanan arah dengan keterlibatan religiosity pada hubungan status consumption terhadap fashion consciousness dimana kecenderungan fashion consciousness individu dipengaruhi oleh sejauh mana tingkat sadar status atau tingkat religiusitas individu yang lebih tinggi.