Social Support Guru Kepada Murid Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi Sdn Punten 01 Kota Batu

Main Author: Fitriah, Ainun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178736/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui social support dari guru kepada murid berkebutuhan khusus di sekolah inklusi SDN Punten 01 Kota Batu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada model kelas integrasi umum di SDN Punten 01 Kota Batu. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 3 orang guru di sekolah inklusi, yaitu subjek BPA yang merupakan wali kelas di kelas inklusi, subjek IBS yang merupakan guru kesiswaan sekaligus guru penjaskes di kelas inklusi dan subjek RN yang merupakan guru Bahasa Inggris di kelas inklusi. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif menurut Miles & Huberman. Adapun dimensi social support yaitu informational support, emotional support, instrumental support dan network support. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari ketiga subjek, seluruhnya mampu memberikan social support sesuai dengan empat dimensi social support yang dijelaskan oleh Sarafino dan Smith yaitu, informational support, emotional support, instrumental support dan network support kepada murid berkebutuhan khusus di kelas inkusi SDN Punten 01 kota Batu.