Hubungan Antara Perilaku Konsumen Dengan Minat Penggunaan Uang Elektronik Dalam Masyarakat DKI Jakarta (Studi Pada Pengunjung Mall Taman Anggrek)

Main Author: Rahma, Farras Hafizha
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178734/
Daftar Isi:
  • Perkembangan alat pembayaran yang semakin canggih memberikan perubahan dalam sistem kehidupan saat ini. Berbagai perubahan terlihat dari setiap perilaku manusia dalam melakukan aktivitas. Terutama pada aktivitas dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut yang mendorong dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui hubungan perilaku konsumen dengan minat penggunaan uang elektronik dalam masyarakat Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengunjung di Mall Taman Anggrek sebagai sampel sebanyak 100 sampel. Data yang digunakan ialah data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis uji frekuensi, analisis data tabel silang, analisis uji korelasi dan analisis uji validitas. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa angka signifikasi sebesar 0,001. Hal ini menunjukkan bahwa 0,001 > 0,05 artinya H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti konsep perilaku Ritzer dan konsep gaya hidup Kotler dalam penelitian ini diterima. Angka koefisien diperoleh sebesar 0,277 yang berarti memiliki hubungan yang cukup. Di dukung dengan analisis data frekuensi dalam kategori tinggi yang menunjukkan persentase 80,6%. Dapat dilihat bahwa perilaku konsumen memiliki hubungan dengan minat penggunaan uang elektronik saat ini. Perilaku konsumen akan semakin tinggi saat konsumen mengunakan sistem pembayaran uang elektronik yang lebih cepat dan efisien. Tingginya minat penggunaan uang elektronik dapat dipengaruhi dengan adanya reward yang selalu ditawarkan sehingga memengaruhi tingginya perilaku konsumen.