Pengaruh Sarana Dan Prasarana Pendidikan Terhadap Mutu Kegiatan Pembelajaran (Studi Pada SDN Ketintang 1/409 Kota Surabaya)

Main Author: Permatasari, Nikita Ericka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178712/1/Nikita%20Ericka%20Permatasari.pdf
http://repository.ub.ac.id/178712/
Daftar Isi:
  • Pendidikan merupakan suatu proses belajar yang dilakukan untuk membentuk manusia yang berkualitas, memiliki daya saing tinggi dan berprestasi. Pendidikan berkualitas muncul apabila terdapat sekolah yang mempunyai kelengkapan fasilitas sarana dan prasarana penunjang proses belajar mengajar. Menurut Rohiat (2013) keberadaan sarana dan prasarana pendidikan mutlak dibutuhkan dalam proses pendidikan karena berpengaruh fterhadap mutu pembelajaran, sehingga termasuk ke dalam komponen-komponen yang harus dipenuhi dalam melaksanakan proses pendidikan. Tanpa sarana dan prasarana pendidikan, proses pendidikan akan mengalami kesulitan dan mutu pembelajaran akan berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sarana dan prasarana pendidikan terhadap mutu pembelajaran di SDN Ketintang 1/409 Surabaya. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah sarana dan prasarana pendidikan. Sedangkan variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini adalah mutu kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SDN Ketintang I/409 Kota Surabaya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SDN Ketintang I/409 Kota Surabaya. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 siswa dan siswi yang dipilih menggunakan teknik probability sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sarana dan prasarana pendidikan dalam keadaan sangat baik. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis perolehan skor rata-rata variabel sarana dan prasarana pendidikan sebesar 4,24 yang terletak pada interval 4,2-5. Hasil analisis rata-rata variabel mutu kegiatan pembelajaran sebesar 4,23 yang terletak pada interval 4,2-5. Hal ini menunjukkan bahwa mutu kegiatan pembelajaran adalah sangat baik. Berdasarkan Uji SPSS 25.0 baik dalam membandingkan nilai t maupun melihat nilai sig. Diketahui nilai sig variabel sarana dan prasarana adalah 0,007. Nilai tersebut dibawah standar sig 0,05 yang berarti variabel independent atau sarana dan prasarana berpengaruh signifikan terhadap variabel mutu Pendidikan dan sesuai dengan teori Rohiat (2013) yang menyatakan bahwa sarana dan prasarana berpengaruh terhadap mutu pembelajaran.