Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online pada Konsumen Celana Jeans Levi’s di Indonesia dan Malaysia)
Main Author: | Wahyudi, Ilham |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/178700/1/Ilham%20Wahyudi.pdf http://repository.ub.ac.id/178700/ |
Daftar Isi:
- Globalisasi dan pasar bebas yang terjadi saat ini telah meningkatkan iklim persaingan bisnis menjadi sangat ketat. Perusahaan juga terus bertambah dan saling berlomba untuk menguasai pasar, untuk menjadi pemain unggul dalam pasar salah satu faktor penting yang harus dimainkan oleh perusahaan adalah peran pemasaran. Strategi pemasaran yang tepat menjadi kunci dalam memenangkann persaingan bisnis, salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk menghadapi persaingan bisnis saat ini adalah strategi merek (brand strategy). Strategi tersebut dapat diterapkan dengan menciptkan Citra Merek dan Kesadaran Merek pada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dari variabel Citra Merek (X1) dan variabel Kesadaran Merek (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) celana jeans merek Levi’s di Indonesia dan Malaysia. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif, metode penelitian menggunakan metode survey online. Sampel yang didapatkan dalam penelitian ini sebanyak 120 orang responden, dengan teknik pengambilan sampel yaitu nonprobability sampling dengan pendekatan accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Citra Merek dan Kesadaran Merek berpengaruh signifikan secara parsial atau sendiri-sendiri terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Citra Merek dan variabel Kesadaran Merek berpengaruh secara secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Kesadaran Merek merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap variabel Keputusan Pembelian.