Analisis Pemasaran Online Jam Tangan Arab Dengan Metode Qspm Di Ukm Al Faakhr

Main Author: Rahmad, Abdul Haris
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178695/1/ABDUL%20HARIS%20RAHMAD%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/178695/
Daftar Isi:
  • Indonesia merupakan salah satu negara dengan mayoritas agama muslim. Sehingga Indonesia mempunyai pangsa pasar untuk komoditas yang mempunyai tema ke-Timur Tengah-an. UKM Faakhr memanfaatkan ini dengan menjual jam tangan arab Faakhr. Namun, UKM Faakhr bersaing dengan penjual jam tangan Arab yang beredar di pasar online Indonesia. Selain, UKM Faakhr mengalami penururan penjualan yang cukup signifikan dari tahun 2017-2018. Maka strategi pemsaran dengan menggunakan promosi di Instagram belum maksimal sehingga diperlukan penyusunan strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan faktor internal dan eksternal UKM Faakhr dan mengetahui strategi yang optimal sehingga dapat meningkatkan pangsa pasar UKM Faakhr. Dalam penelitian ini akan dilakukan tiga tahap perumusan strategi yaitu input stage dimana dilakukan identifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses bisnis UKM Faakhr dengan menggunakan matriks evaluasi faktor internal (IFE) dan faktor eksternal (EFE) kemudian diberi faktor bobot dan rating, kemudian matching stage dengan memasukkan bobot dan rating yang diperoleh dari matriks IFE dan EFE matriks internal eksternal (IE) untuk mengetahui posisi perusahaan dan SWOT untuk menyusun strategi alternatif yang sesuai dengan faktor internal dan eksternal hasil input stage, dan yang terakhir yaitu decision stage menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) yang kemudian masing-masing strategi diberi skor daya tarik pada tiap atributnya dan kemudian dilanjutkan untuk menentukan prioritas strategi yang dipilih oleh UKM Faakhr. Hasil penelitian, total skor matriks IFE adalah 2,508 dan skor total matriks EFE adalah 3,114. Skor ini menentukan posisi perusahaan di kuadran 2 (grow and build) pada matriks IE dan kuadran 1 pada matriks SWOT. Strategi yang tepat untuk perusahaan adalah market penetration, product development, market development dan ,Forward Integration. Sedangkan pada hasil penyusunan matriks SWOT diperoleh 9 strategi.dan setelah berdiskusi dengan pemilik UKM didapatkan 4 strategi. Setelah dilakukan pencocokan matriks IE dan matriks SWOT pada matching stage, strategi alternatif yang dipilih adalah penetrasi pasar, pengembangan pasar, Integrasi Vertikal, dan pengembangan produk. Kemudian dilanjutkan pada tahap terakhir yaitu matriks QSPM untuk mengetahui nilai dari 4 strategi tersebut. Dengan menggunakan hasil dai QSPM, Strategi penetrasi pasar mempunyai nilai tertinggi dengan nilai 5,399. Strategi penetrasi pasar yang ditawarkan kepada UKM Faakhr berupa peningkatan kesadaran konsumen dengan digital marketing dan strategi untuk meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk UKM Faakhr baik untuk retailer ataupun end user.