Pengaruh Corporate Social Responsiblity (CSR) dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei pada Anggota Batalyon Zeni Tempur V Brawijaya Sebagai Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia)
Main Author: | Pranowo, Raditya Ifan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/178665/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan: (1) Pengaruh Corporate Social Responsibilty (CSR) terhadap citra merek. (2) Pengaruh Corporate Social Responsibilty (CSR) terhadap loyalitas pelanggan. (3) Pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 101 orang responden. Responden yang menjadi sampel merupakan anggota Batalyon Zipur 5 (Yonzipur 5) Kepanjen yang menjadi nasabah dan telah mengetahui atau merasakan CSR PT. Bank Rakyat Indonesia (PT. BRI). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibilty (CSR) (X) berpengaruh signifikan terhadap citra merek (Y1). Hal ini terbukti dari nilai signifikansi 0,000 (p<0,05). Di samping itu, citra merek (Y1) juga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y2). Hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05). Sedangkan, Corporate Social Responsibilty (CSR) (X) tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y2). Hal itu dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,401 (p>0,05). Akan tetapi, Corporate Social Responsibilty (CSR) (X) berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan (Y2) melalui variabel citra merek (Y1). Hal itu dibuktikan melalui nilai beta pengaruh tidak langsung (0,257) lebih besar daripada pengaruh langsung (-0,069)