Analisis Pengaruh Kemudahan dan Kemanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E-Commerce (Survey pada Pengguna E-Commerce Tokopedia Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang)
Main Author: | Muzakky, Alamsyah Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/178662/1/Alamsyah%20Tri%20Muzakky.pdf http://repository.ub.ac.id/178662/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: (1) Pengaruh Kemudahan terhadap Minat menggunakan e-commerce pada situs online tokopedia.com secaraparsial, (2) Pengaruh Kemanfaatan terhadap mina tmenggunakan e-commerce pada situs online tokopedia.com secara parsial, (3) Pengaruh yang paling dominan antara Kemudahan dan Kemanfaatan terhadap minat menggunakan e-commerce pada situs online tokopedia.com Jenis penelitian ini dilakukan menggunakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kemudahan, Kemanfaatan danMinat. Jumlah sampel pada peneltiian ini adalah 116 responden dari Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya yang menggunakan aplikasi Tokopedia. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang di gunakan adalah analisis data deskriptif dan analisis statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)pengaruh variabel kemudahan terhadap variabel minat mahasiswa adalah signifikan. (2) pengaruh variabel kemanfaatan terhadap variabel minat mahasiswa adalah negative signifikan. (3) variabel kemudahan dan kemanfaatan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat mahasiswa.Dengan demikian, tokopedia sebaiknya menunjang keberhasilan dalam keefektifan Blog Tokopedia dengan mengadakan survey tentang kekurangan – kekurangan pada Blog Tokopedia ini, maka manajemen tokopedia dapat meningkatkan Kemanfaatan melalui hobby, lifestyle, social, budaya, hiburan, dan semua kategori yang mempengaruhi Minat penggunaan e-commerce.