Representasi Pekerja Seks Komersial dalam Film Independen (Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Film Prenjak Karya Wregas Bhanuteja)
Main Author: | Alfionita, Dinda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/178647/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana pekerja seks komersial direpresentasikan dalam film Prenjak oleh Wregas Bhanuteja. Peneliti menggunakan metode penelitian semiotika Roland Barthes. Dengan memfokuskan pada gagasan dua tingkat dalam pertandaan (two order of signification) yaitu Konotasi dan denotasi. Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam skripsi ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi file film prenjak dan beberapa data yang turut mendukung penelitian ini. Dari hasil penelitian ini terdapat beberapa temuan oleh peneliti diantaranya ialah tokoh Diah memiliki karakter sebagai perempuan yang kuat, bertanggung jawab dan rela berkorban walaupun dia adalah seorang pekerja seks komersial yang biasa dipandang buruk oleh masyarakat. Diah memiliki conflict role dimana ia adalah seorang ibu namun juga sebagai seorang pekerja seks komersial. Tokoh Diah digambarkan wregas sebagai perempuan yang berpenampilan cenderung tertutup tanpa gaya bicara manja selayaknya PSK kebanyakan. Film prenjak dianggap memberikan angin segar dalam dunia perfilman independen Indonesia khususnya bertemakan pekerja seks komersial.