Pelaksanaan Pelayanan Publik Kepada Wajib Pajak Melalui Gerai SAMSAT (Studi Pada Gerai SAMSAT Mall Artha Gading Kota Administrasi Jakarta Utara)

Main Author: Alifia, Pratami Citra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178634/1/Pratami%20Citra%20Alifia.pdf
http://repository.ub.ac.id/178634/
Daftar Isi:
  • Pelaksanaan pelayanan publik kepada wajib pajak melalui Gerai SAMSAT merupakan salah satu bentuk pelayanan yang digagas oleh Kepolisian, Badan Pajak dan Retribusi Daerah, PT. Jasa Raharja dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dibidang pelayanan administrasi kendaraan bermotor, khususnya pada layanan pengesahan tahunan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalis pelaksanaan pelayanan publik kepada wajib pajak melalui Gerai SAMSAT Mall Artha Gading Kota Administrasi Jakarta Utara. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pelayanan publik kepada wajib pajak melalui Gerai SAMSAT Mall Artha Gading Kota Administrasi Jakarta Utara. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh dua fokus penelitian, yaitu: (1) Pelaksanaan pelayanan publik kepada wajib pajak melalui Gerai SAMSAT berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 tahum 2014 tentang pedoman standar pelayanan publik. (2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat pada pelaksanaan pelayanan publik kepada wajib pajak melalui Gerai SAMSAT. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi di lapangan. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif dengan melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sesuai dengan hasil analisis berdasarkan fokus dari pelaksanaan pelayanan publik kepada wajib pajak melalui Gerai SAMSAT Mall Artha Gading Kota Administrasi Jakarta Utara secara umum sudah berjalan sesuai dengan ketentuan namun masih terdapat penghambat. (2) Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pelayanan publik kepada wajib pajak melalui Gerai SAMSAT Mall Artha Gading Kota Administrasi Jakarta Utara antara lain kordinasi antar pegawai, lokasi, terbatasnya jumlah pegawai, dan jadwal pelayanan. Saran yang dapat peneliti berikan antara lain menambah jumlah pegawai untuk memberikan pelayanan maksimal dan menambah jam operasinal.