Faktor-Faktor Bauran Pemasaran yang Mempengaruhi Mahasiswa dalam Melakukan Keputusan Pemilihan Universitas (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang)

Main Author: Badaruddin, Muhammad Ihsan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178589/1/Muhammad%20Ihsan%20Badaruddin.pdf
http://repository.ub.ac.id/178589/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengidentifikasi faktor utama yang membuat Mahasiswa melakukan Keputusan Pemilihan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. (2) Menganalisis apakah Program, Harga, Tempat, Promosi, Sumber Daya Manusia, Proses dan Bukti Fisik memiliki pengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pemilihan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. (3) Menganalisis apakah Program, Harga, Tempat, Promosi, Sumber Daya Manusia, Proses dan Bukti Fisik memiliki pengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pemilihan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Variabel pada penelitian ini terdiri Program, Harga, Tempat, Promosi, Sumber Daya Manusia, Proses, Bukti Fisik dan Keputusan Pemilihan. Kriteria populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya per September 2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara langsung (offline) 118 responden yang sesuai dengan kriteria populasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisa faktor dan regresi liniar berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa faktor-faktor bauran pemasaran berpengaruh secara langsung pada keputusan pemilihan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya oleh mahasiswa. Diperlukan suatu penelitian dengan lingkup yang lebih luas pada tingkat universitas karena penelitian ini hanya menggunakan lokasi penelitian di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Diperlukan juga suatu penelitian kualitatif untuk mendapatkan gambaran variabel yang lebih tepat dalam konteks keIndonesia-an, karena secara umum penggunaan dasar teori dari luar tidak memenuhi kesamaan antropologi, sosiologi dan budaya Indonesia.