Desain Filter PM2,5 Berbasis Reheating System Untuk Sistem Pembuangan Emisi Sepeda Motor

Main Author: Assufi, M. Zubdatul Fikri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178559/
Daftar Isi:
  • Populasi kendaraan bermotor di dunia dari tahun ke tahun terus meningkat dan berbanding lurus dengan peningkatan emisi kendaraaan bermotor. Emisi tersebut dapat berbentuk gas dan partikulat, yang memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Pengembangan teknologi diperlukan untuk mengurangi kandungan keluaran dari emisi knalpot, salah satunya dengan teknik filtrasi berbasis radiasi Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan filter partikulat berbasis reheating system yang diaplikasikan pada sistem pembuangan emisi sepeda motor,untuk mengurangi konsentrasi PM2.5 (partikulat berdiameter kurang ddari 2,5 mikrometer). Penelitian ini menggunakan tiga buah sampel sepeda motor yang dipilih secara acak. Bahan dasar filter adalah tembaga dan aluminium yang dikembangkan menjadi filter yang terdiri atas filter frame dan filter coil dengan variasi beda panjang (4 cm, 5 cm, dan 6 cm). Konsentrasi PM2.5 sebelum dan sesudah melewati filter diukur dengan Digital Dust Monitor (Kanomax, Model 3443) selama 30 menit dengan interval lima menit. Filter diletakkan di ruang pertama yang terletak di sisi inlet knalpot (dekat dengan muffler sepeda motor). Efisiensi di dapatkan dari hasil perbandingan antara konsentrasi PM2,5 sebelum dan sesudah melewati filter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi PM2.5 mengalami penurunan pada penggunaan filter F1, F2, dan F3 berturut-turut 86%, 84%, dan 79%. Efisiensi filter terbaik dihasilkan dari penggunaan filter terpanjang (6 cm) sebesar 20% hingga 25%. Efisiensi bergantung pada panjang filter.