Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Sarijan Coffee Dalam Meningkatkan Daya Tarik Konsumen Di Kota Malang
Main Author: | Majid, Fachmi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/178552/1/Fachmi%20Majid.pdf http://repository.ub.ac.id/178552/ |
Daftar Isi:
- Berkembangnya persaingan kedai kopi dan kafe yang ada di Kota Malang, menjadi tantangan tersendiri bagi Sarijan Coffee untuk bersaing dan mempertahankan pelanggan yang sudah loyal, mengingat banyaknya warung kopi serta persaingan yang semakin ketat antar kompetitor yang satu dengan yang lain. Sehingga perlunya Sarijan Coffee dalam menerapkan strategi pemasaran yang efektif untuk terus dapat bersaing dengan kedai kopi yang ada di Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran yang diterapkan oleh Sarijan Coffee dalam meningkatkan daya tarik konsumen di Kota Malang; (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemasaran Sarijan Coffee dalam meningkatkan daya tarik konsumen di Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif atau lebih spesifik menggunakan model interaktif. Hasil penelitian dan pembahasan sebagai berikut: (1) Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Sarijan Coffe sudah sesuai dengan teori yang ada, dan juga sudah sangat baik dalam menerapkan strategi yang diaman penerapan strategi itu terdiri dari produk, harga produk, lokasi usaha, dan promosi produk dalam meningkatkan daya tarik bagi para konsumen, hal ini diakrenakan produ yang digunakan sangat berkualitas dan juga harga yang di tawarkan oleh Sarijan Coffe sangat terjangkau, dan lokasi Sarijan Coffe tersebut sangat baik dan strategi hal ini dikarenakan lokasi usahaSarijjan Coffe terletak dekat dengan kampus dan juga dikelilingi kos-kos anak kuliahan sehinga sangat baik, dan juga promosi dilakukan oleh Sarijan Copi cukup mearik dalam meningkatkan daya tarik konsumen hal ini dikarenakan promosi yang dilakukan oleh Sarijan Coffe jika adanya menu baru dan promosi diadakan sebulan sekali. (2) Faktor-faktor pendukung dan faktor penghambat pemasaran Sarijan Coffee dalam meningkatkan daya tarik Konsumen di Kota Malang. Faktor pendukung pemasaran tersebut memiliki tiga faktor pendukung yaitu: faktor lingkungan, faktor pasar, dan faktor analisis kemampuan internal. Dan faktor penghambat pemasaran juga memiliki tiga faktor penghambat yaitu: faktor persaingan, faktor perilaku konsumen, dan faktor analisis konsumen.