Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi
Main Author: | Pratama, Zahran Adityo Selo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/178535/ |
Daftar Isi:
- Perusahaan memiliki tujuan jangka panjang dan jangka pendek, dan pemasaran adalah salah satu komponen penting untuk mencapainya, menyoroti pentingnya mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Relationsip marketing dan kepuasan pelanggan adalah faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh relationsip marketing terhadap loyalitas pelanggan dengan mediasi kepuasan pelanggan. Populasi penelitian kausal ini adalah pengguna layanan internet, dari mana 220 orang dipilih sebagai sampel melalui simple random sampling. Data dianalisis menggunakan path analysis, dan hipotesis dinilai menggunakan uji F dan uji T. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa relationship marketing tidak secara signifikan mempengaruhi loyalitas pelanggan dengan mediasi kepuasan pelanggan. Nilai Adjusted R squared sebesar 0,772 menunjukkan bahwa pengaruh hubungan pemasaran terhadap loyalitas pelanggan dengan mediasi kepuasan pelanggan adalah 77,2%, dan sisanya 22,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil di atas menunjukkan bahwa relationship marketing secara signifikan tidak mempengaruhi loyalitas pelanggan dengan mediasi kepuasan pelanggan dan bahwa kepuasan pelanggan tidak memainkan peran penting dalam model regresi itu.