Pengaruh Pelatihan Pelayanan Prima Terhadap Kinerja (studi pada PT. BPR Maha Bhoga Marga kecamatan Mengwi, kabupaten Badung-Bali)

Main Author: Adnyana, Agus Gede Wily
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178530/1/Agus%20Gede%20Wily%20Adnyana.pdf
http://repository.ub.ac.id/178530/
Daftar Isi:
  • Kinerja merupakan tolak ukur yang digunakan oleh perusahaan sebagai acuan dalam menilai hasil kinerja karyawan. Perusahaan-perusahaan yang berorientasi laba dan organisasi pemerintah atau sector public juga dipengaruhi oleh kualitas sumberdaya manusia yang bersangkutan. Perusahaan-perusahaan yang berorientasi laba dan organisasi pemerintah atau sektor publik juga dipengaruhi oleh kualitas sumberdaya manusia yang baik untuk menunjang tercapainya tujuan organisasi. Berbagai upaya dilakukan perusahaan-perusahaan untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yaitu dengan cara pelatihan pegawai, baik pelatihan yang dilakukan di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan baik tempat maupun instrukturnya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan pelayanan prima terhadap kinerja karyawan baik secara parsial maupun simultan pada PT. BPR Maha Bhoga Marga, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung-Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah mencatat dokumentasi dan menyebar kuesioner yang berisikan pertanyaan pertanyaan mengenai variabel terkait dalam penelitian ini, selanjutnya pengumpulan data sekunder yaitu dengan melihat pustaka tertulis sebagai refrensi tambahan. Responden yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah seluruh staff yang berjumlah 38 orang. Jenis penelitian ini termasuk penelitian Kuantitatif, teknik analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan variabel bebas pelatihan pelayanan prima (X) dengan sub variabel pelatihan pelayanan prima berbasis pengetahuan (X1), pelatihan pelayanan prima berbasis keterampilan (X2) dan pelatihan prima berbasis sikap mental (X3) sedangkan variabel terikatnya adalah kinerja (Y). Dari hasil penelitian diketahui bahwa, pelatihan pelayanan prima pada PT. BPR Maha Bhoga Marga Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung-Bali memiliki pengaruh secara simultan yang positif terhadap kinerja. Secara parsial sub variabel pelatihan pelayanan prima berbasis pengetahuan (X1) memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap kinerja (Y) karena terbukti nilai sig t 0,0668 lebih besar dari 0,05 dan nilai t hitung 1,981. Selanjutnya R2 yang menghasilkan nilai sebesar 0,517 yang berarti bahwa variabel bebas dalam penelitian ini atau pelatihan pelayanan prima memiliki pengaruh sebesar 51,7% terhadap kinerja dan sisanya sebesar 48,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijabarkan dalam penelitian ini.