Pemaknaan Khalayak Terhadap Akun Media Sosial Sebagai Social Support (Studi Reception Analysis Pada Akun Instagram @Nkcthi (Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini))
Main Author: | Aditya, Chalsy Febrina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/178516/ |
Daftar Isi:
- Media sosial merupakan media yang kini digunakan oleh hampir semua orang di dunia. Instagram menjadi plaform media sosial keempat yang paling aktif digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dengan beragam fitur dan keistimewaan, Instagram dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan dan kepentingan. Salah satu akun Instagram yang kini tengah populer ialah @nkthi (Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini). Akun yang memiliki lebih satu satu juta pengikut ini didirikan oleh Marchella F.P pada tahun 2018 sebagai alat riset untuk karya bukunya yang berjudul sama, Nanti Kita cerita Tentang Hari Ini. Akun @nkcthi mendapatkan banyak respon positif dari followers-nya melalui konten yang disajikan yaitu seperti forum cerita di Instastory, rangkuman tulisan, dan quotes yang disertai oleh ilustrasi gambar yang sesuai. Pembahasan yang diulas dalam akun ini terkait dengan hal-hal yang dapat terjadi dalam kehidupan sehari – hari. Penelitian ini mengkaji bagaimana pemaknaan khalayak yaitu followers aktif dalam memaknai social support dalam akun @nkcthi menggunakan kajian reception analysis. Hasil penelitian meunjukan bahwa followers memaknai akun @nkcthi sebagai social support karena berhasil memberikan banyak dampak positif dan membantu mengatasi permasalahan yang followers @nkcthi rasakan melalui interaksi yang terdapat di dalam akun tersebut. Followers mendapatkan barbagai macam bentuk dukungan dikarenakan mereka merasa terhubung dengan konten yang disajikan oleh akun @nkcthi. Untuk penelitian selanjutnya, diharapkan dapat membahas lebih dalam terkait online social support melalui platform media sosial lain yang memiliki perbedaan karakteristik dan mengeksplorasi lebih dalam mengenai penggunaan reception analysis di media sosial.