Analisis Kerja Sama Restoran dengan Travel Agent Terhadap Peningkatan Omzet di Waroeng Daoen (Studi pada Restoran Waroeng Daoen)
Main Author: | Wicaksana, Widdhi Anggung |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/178515/1/Widdhi%20Anggung%20Wicaksana.pdf http://repository.ub.ac.id/178515/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan Pariwisata yang terjadi di Indonesia membuat banyak daerah yang mengembangkan industri Pariwisata sebagai salah satu penggerak perekonomian di daerah tersebut. Salah satu daerah yang berkembang khususnya di daerah Jawa Timur adalah Pariwisata di Malang. Perkembangan Pariwisata yang terjadi di Malang juga ikut memberikan dampak pada wilayah lain seperti kab. Pasuruan karena wilayah tersebut menjadi salah satu jalur bagi wisatawan yang akan berwisata ke Malang. Banyak Restoran ataupun Rumah Makan yang berdiri dan saling bersaing untuk menarik wisatawan. Salah satu Restoran yang menjadi pilihan adalah Restoran Waroeng Daoen yang terletak di Kec. Purwodadi Kab. Pasuruan. Restoran tersebut sudah berdiri sejak tahun 2005. Restoran Waroeng Daoen telah mengalami banyak perkembangan semenjak awal berdiri hingga sekarang. Banyak kendala yang dihadapi seperti persaingan dengan Restoran yang lain ataupun tantangan dengan adanya Jalan Tol. Beberapa cara dilakukan untuk terus membuat pengunjung datang ke Restoran Waroeng Daoen. Salah satu kebijakan tersebut yaitu menarik Travel Agent untuk bekerjasama mendatangkan tamu ke Restoran Waroeng Daoen. Diharapkan dengan adanya kerjsamasa ini Pengunjung yang datang semakin banyak dan dapat meningkatkan omzet Restoran sehingga dapat bersaing dan terus berkembang. Dari adanya hal tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul ”Analisis Kerja Sama Restoran dengan Travel Agent Terhadap Peningkatan Omzet Restoran.(Studi pada Restoran Waroeng Daoen)”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden Wawancara dalam penelitian ini terdiri dari 6 narasumber yaitu 3 narasumber dari pihak internal Restoran Waroeng Daoen dan 3 narasumber dari pihak travel agent. Analisis data terdiri dari empat tahap yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Trianguasi sumber digunakan sebagai teknik pemeriksaan keabsahan data. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Kerjasama yang dilakukan oleh Restoran Waroeng Daoen dengan travel agent berjalan dengan baik dilihat dengan adanya peningkatan yang didapat, namun dirasa belum maksimal dalam pemasaran kepada travel agent. 2) Kurangnya promosi yang dilakukan khususnya kepada pihak travel agent membuat pihak travel agent belum banyak yang mengetahui paket travel agent yang ditawarkan Restoran Waroeng Daoen.