Pengaruh Promosi Pariwisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Mancanegara Ke ODTW (Survei pada Tourist Information Center Malioboro, Kota Yogyakarta)

Main Author: Hartyanto, Bima Noveka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178512/1/Bima%20Noveka%20Hartyato.pdf
http://repository.ub.ac.id/178512/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya mempertimbangkan pemilihan atau mengambil keputusan dalam menentukan kunjungan wisata, yang selalu dipengaruhi oleh faktor-faktor bauran promosi seperti periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, dan publisitas terhadap keputusan berkunjung wisatawan mancaegara ke ODTW di Yogyakarta yang berkunjung ke Tourist Information Center Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis explanatory research. Populasi dalam penelitian ini yaitu wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Tourist Information Center Yogyakarta dengan teknik purposive sampling dan dengan karakteristik yang sudah ditentukan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner offline. Skala pengukuran data penelitian ini menggunakan Skala Likert. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, dan uji t. Data dalam penelitian ini diolah dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 26 version. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Bauran Promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Bauran Promosi (X) terhadap Keputusan Berkunjung (Y). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan saran kepada Tourist Information Center Yogyakarta untuk lebih meningkatkan lagi kegiatan-kegiatan dalam bentuk promosi. Penelitian ini juga diharapkan dapat dikembangkan oleh penelitian sejenis yang berikutnya dengan menambahkan variabel-variabel lainnya diluar variabel yang ada dalam penelitian ini.