Analisis Theory Of Planned Behavior Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Eksplanatif Pengaruh Perilaku yang Direncanakan terhadap Minat Beli Pada Followers Instagram Style Theory ID)

Main Author: Ardhanareswari, Adani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178456/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menguji Theory of Planned Behavior yang terdiri dari 3 variabel yakni Attitude Towards Behavior, Subjective Norms, dan Perceived Behavioral Control untuk menjelaskan variabel apa saja yang mempengaruhi inidividu untuk memiliki intensi berperilaku untuk menyewa pakaian yang dalam konteks kajian perilaku konsumen adalah minat beli pada platform aplikasi penyewaan pakaian. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan positivistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif dengan survey sebagai teknik pengumpulan data. Sampel yang digunakan adalah 100 orang pengikut akun Instagram Style Theory dengan nama akun @styletheoryid yang didapat dari perhitungan rumus Slovin dengan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa Theory of Planned Behavior berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen. Hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yaitu Attitude Towards Behavior (X1), Subjective Norms (X2), dan Perceived Behavioral Control (X3) berpengaruh positif terhadap variabel dependen yaitu minat beli (Y) dengan pengaruh variabel Attitude Towards Behavior (X1) yang paling dominan. Dari hasil uji hipotesis secara simultan (uji F) dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen yaitu Attitude Towards Behavior (X1), Subjective Norms (X2), dan Perceived Behavioral Control (X3) berpengaruh positif secara bersamaan terhadap variabel dependen yaitu minat beli (Y) dengan angka pengaruh sebesar 41,1% (R2 Adj.)