Analisis Pengaruh Integrated Marketing Communication Terhadap Tahapan Keputusan Pembelian Konsumen Pesenkopi Di Kota Malang
Main Author: | Imam Nawawi, Amir |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/178443/ |
Daftar Isi:
- Komunikasi Pemasaran merupakan sarana dimana para pelaku usaha berusaha untuk memberikan informasi, membujuk, dan mengingatkan kembali konsumen mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh para pelaku usaha. Integrated Marketing Communication merupakan salah satu pendekatan pemasaran generasi baru yang digunakan oleh perusahaan untuk lebih memfokuskan upaya mereka dalam memperoleh, mempertahankan, dan mengembangkan hubungan dengan pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya. Keputusan pembelian adalah tahap proses dimana konsumen secara aktual melakukan pembelian produk. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh Integrated Marketing Communication terhadap tahapan keputusan pembelian konsumen di Kota Malang. Variabel independen yang diuji dalam penelitian ini adalah Integrated Marketing Communication dengan dimensi Advertising, Sales Promotion, Public Relation, Event & Experience, Direct Marketing, Interactive Marketing, Word of Mouth, dan Personal Selling yang di uji pengaruhnya terhadap variabel dependennya yaitu keputusan pembelian. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi penelitian adalah masyarakat di Malang yang pernah melakukan transaksi di Pesenkopi. Jumlah responden dalam penelitian ini ditetapkan sejumlah 272 responden yang dipilih menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik analisis data regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan variabel Integrated Marketing Communication berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya, Public Relation merupakan dimensi Integrated Marketing Communication yang paling dominan dan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen Pesenkopi.