Manajemen Kapasitas Untuk Meningkatkan Kinerja Persimpangan Bersinyal Di Ruas Jalan Yang Rawan Kecelakaan Kota Surabaya

Main Author: Siburian, Ivana Merlina Evietsen
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178401/1/IVANA%20MERLINA%20EVIETSEN%20SIBURIAN%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/178401/
Daftar Isi:
  • Persimpangan Jalan Raya Darmo – Jalan Diponegoro, persimpangan Jalan Raya Darmo – Jalan Dr. Soetomo, dan persimpangan Jalan HR.Muhammad – Jalan Darmo Boulevard memiliki rata-rata tingkat pelayanan persimpangan (LOS) F pada tahun 2017 dan persimpangan berada pada ruas jalan yang rawan kecelakaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kinerja persimpangan bersinyal, dan manajemen kapasitas yang paling efektif pada tiga persimpangan lokasi penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kinerja persimpangan bersinyal dan analisis penanganan masalah dengan manajemen kapasitas (optimalisasi lampu lalu lintas dan larangan belok kanan). Hasil penelitian kinerja persimpangan bersinyal 1 (Jl. Raya Darmo-Jl. Diponegoro) memiliki nilai derajat kejenuhan kurang dari 0,8 dan tingkat pelayanan C-E. Kinerja persimpangan bersinyal 2 (Jl. Raya Darmo-Jl. Dr. Soetomo) memiliki nilai derajat kejenuhan rata-rata lebih dari 0,9 dan tingkat pelayanan rata-rata F. Kinerja persimpangan bersinyal 3 (Jl. HR. Muhammad-Jl. Darmo Boulevard) memiliki derajat kejenuhan rata-rata kurang dari 0,9 dan tingkat pelayanan E-F. Manajemen kapasitas yang paling efektif untuk meningkatkan kinerja persimpangan bersinyal 2 yaitu alternatif 2 larangan belok kanan dan waktu siklus 76 detik. Manajemen kapasitas paling efektif untuk persimpangan bersinyal 3 yaitu alternatif 2, larangan belok kanan dengan waktu siklus 80 detik