Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Dimediasi Oleh Inovasi Dan Orientasi Pasar (studi pada Kreatif Batik di UKM Malang Raya)

Main Author: Purnamawati, Dian Lestari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178358/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian untuk menguji dan menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing dimediasi inovasi dan orientasi pasar pada UKM Kreatif Batik Malang Raya. Sampel penelitian dilakukan pada UKM Kreatif Batik Malang Raya sebanyak 57 UKM sebagai responden. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan sampling jenuh. Analisis data menggunakan PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan orientasi kewirausahaan terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Begitu pula dengan inovasi dan orientasi pasar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Dalam penelitian ini, inovasi dan orientasi pasar sebagai partial mediation dalam hubungan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing. Implikasi praktis penelitian ini dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi pengusaha UKM Kreatif Batik dalam meningkatkan inovasi dan orientasi pasar sebagai keunggulan bersaing melalui pelaksanaan orientasi kewirausahaan.