Modifikasi Elemen Bukaan Untuk Meningkatkan Kenyamanan Termal Di Ruang Kelas Ta-Mi Sunan Kalijaga Malang

Main Author: Setyawan, Rendy Eko
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178348/1/RENDY%20EKO%20SETYAWAN%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/178348/
Daftar Isi:
  • Ta-Mi Sunan Kalijaga Malang merupakan fasilitas pendidikan berupa bangunan dengan fungsi serupa dengan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar. Ta-Mi Sunan Kalijaga berada di lingkungan padat dengan area perluasan yang minim. Kondisi bukaan pada ruang kelas Ta-Mi Sunan Kalijaga juga masih minim, sehingga membuat suhu di dalam ruangan lebih tinggi dari suhu di luar ruangan. Oleh karena itu diperlukan modifikasi bukaan di ruang kelas untuk menurunkan suhu di dalam ruang kelas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan eksperimental dengan software Autodesk Ecotect Analisys 2011. Data primer berupa data pengukuran suhu, kelembapan udara, kecepatan angin dan pengukuran fisik bangunan dengan survey secara langsung. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan metode deskribtif kuantitatif dan kualitatif. Setelah dianalisis diketahui bahwa suhu di dalam ruang kelas lebih tinggi dari suhu nyaman Kota Malang. Suhu rata-rata di dalam ruang kelas adalah 32,5°C, sedangkan suhu nyaman Kota Malang sebesar 27,5°C. Tahap berikutnya adalah modifikasi elemen bukaan pada ruang kelas untuk menurunkan suhu di dalam ruang kelas agar nyaman bagi siswa untuk belajar. Modifikasi bukaan yang berhasil menurunkan suhu di dalam ruangan adalah modifikasi dimensi bukaan, posisi bukaan, tipe bukaan, ventilasi dan penambahan shading device. Suhu di dalam ruangan setelah modifikasi turun dari 32,5°C menjadi 28,4°C. Dengan penurunan suhu ini modifikasi elemen bukaan dapat menunjang masuknya penghawaan alami untuk meningkatkan kenyamanan termal di dalam ruang kelas.