Analisis Rantai Pasok Pemasaran Daging Sapi di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur

Main Author: Kadju, Fransiskus Y. Dhewa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178343/
Daftar Isi:
  • Daging sapi adalah salah satu komoditas pangan utama di Provinsi Nusa Tenggara Timur.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengkaji rantai pasok pemasaran daging sapi di Kota Kupang; (2) mengkaji nilai tambah pada rantai pasok pemasaran daging sapi di Kota Kupang; dan (3) mengkaji nilai tambah produk olahan abon, dendeng, dan se’i di Kota Kupang. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2018 – Februari 2019 di Kota Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survei. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dan snowball sampling. Responden yang dijadikan sampel terdiri dari 21 peternak, 7 pedagang ternak, 7 pedagang pemotong ternak, 36 pedagang pengecer, serta 5 pelaku usaha produk olahan daging sapi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif rantai pasok dan analisis nilai tambah menggunakan Metode Hayami. Berdasarkan hasil pemetaan rantai pasok, terdapat dua rantai pasok pemasaran daging sapi di Kota Kupang. Nilai tambah pada masing-masing lembaga pemasaran daging sapi adalah Rp 230.453,89/kg untuk peternak, Rp 9.649,54/kg untuk pedagang ternak, Rp 1.455,28/kg untuk pedagang pemotong ternak, serta Rp 2.468,00/kg untuk pedagang pengecer daging sapi. Perolehan nilai tambah produk olahan daging sapi adalah sebesar Rp 32.807,27/kg untuk produk abon, Rp 29.757,67/kg untuk produk dendeng, dan Rp 18.804,73/kg untuk produk se’i.