Pemilihan Moda Antara Kendaraan Pribadi Dan Kereta Commuter Line Rute Bekasi-Jakarta
Main Author: | Hasiholan, Sony Mario |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/178333/1/SONY%20MARIO%20HASIHOLAN%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/178333/ |
Daftar Isi:
- Kota Bekasi sebagai kawasan penyangga ibu kota Jakarta mengakibatkan tingginya pergerakan masyarakat dari Kota Bekasi untuk melakukan aktivitas urban ke Ibukota Jakarta. Pola perjalanan komuter asal Kota Bekasi ke Jakarta pada penelitian Renauly (2014) menyebutkan bahwa rata-rata komuter asal Kota Bekasi menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi ke Jakarta. Hal tersebut menambah volume kendaraan yang masuk ke Jakarta yang kemudian berdampak pada kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik faktor-faktor pemilihan moda transportasi pada rute Bekasi-Jakarta, menganalisis proporsi pembagian model pemilihan moda, dan menganalisis probabilitas perpindahan moda dari kendaraan pribadi ke kereta commuter line pada pergerakan rute Bekasi-Jakarta. Metode analisis yang digunakan pada penelitian adalah analisis statistik deskriptif dan analisis multinomial logit. Hasil dari analisis multinomial logit didapatkan 4 pemodelan pemilihan moda berdasarkan kendaraan yang digunakan oleh pelaku perjalanan rute Bekasi-Jakarta serta didapatkan karakteristik faktor pemilihan moda yang berpengaruh signifikan terhadap model pemilihan moda adalah pendapatan, usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, tujuan pergerakan, panjang perjalanan, waktu relatif perjalanan, biaya perjalanan, kenyamanan, keselamatan, keterjangkauan, kehandalan, kemudahan, biaya pajak, biaya parkir, biaya pembuatan SIM, integrasi moda, dan subsidi kereta. Hasil perhitungan tingkat probabilitas perpindahan moda adalah 96% pengguna kendaraan pribadi akan mau berpindah ke kereta commuter line dengan memaksimalkan nilai pelayanan kereta commuter line dan kebijakan transportasi.