Kemampuan Menyimak Ekstensif Mahasiswa Semester 3 Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan Tahun 2018 Menggunakan Media Audio Nhk Easy Japanese

Main Author: Istiqomah Aprilia, Malawat
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178313/
Daftar Isi:
  • Menyimak merupakan salah satu hal penting dalam bahasa. Menyimak khususnya secara ekstensif merupakan jenis kegiatan yang dilakukan di masyarakat, lebih bebas terhadap sesuatu bahasa, dan tidak perlu di bawah bimbingan pengajar Namun, keterampilan menyimak ekstensif tidak mudah dikarenakan tidak adanya bimbingan. Oleh karena itu, untuk mendukung keterampilan menyimak ekstensif dibutuhkan media seperti halnya media audio NHK Easy Japanese yang diteliti lebih lanjut dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah gabungan antara kuantitatif dan kualitatif dengan pre-experimental designs dan tipe one group pretest-posttest design. Data penelitian diperoleh dari hasil pretest (1x pertemuan), pelatihan (5x pertemuan), dan posttest (1x pertemuan) terhadap 20 mahasiswa beserta hasil kuesioner (11 soal) setelah mengikuti pelatihan. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan uji normalitas, uji t dan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio NHK Easy Japanese mempengaruhi kemampuan menyimak ekstensif mahasiswa. Hasil ini diperoleh dari uji t dengan hasil thitung sebesar -2,662 dan ttabel sebesar 2,093 sehingga berdasarkan ttabel ≤ thitung ≤ ttabel Ha diterima dengan hasil yang signifikan . Kemudian, hasil kemampuan menyimak ekstensif mahasiswa, diperoleh 15 mahasiswa yang mengalami peningkatan yang signifikan, dan hasil perhitungan kuesioner yang diperoleh sebesar 79% dimana menurut interval skor kuesioner, dapat disimpulkan bahwa adanya tanggapan yang kuat dari mahasiswa terhadap penggunaan media audio NHK Easy Japanese