The Use Of Films As An Authentic Material To Promote Efl Students’ Speaking Proficiency In Vocational High School 1 Batu
Main Author: | Octa, Mitzhalina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/178303/ |
Daftar Isi:
- Di lapangan, ada dua masalah yang ditemukan sebagai kendala utama dalam belajar bahasa Inggris terutama di Sekolah Menengah Kejuruan 1 Batu. Masalahnya yaitu rendahnya motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris dan rendahnya tingkat kemampuan berbicara dalam bahasa inggris. Masalah-masalah itu terjadi pada siswa X Hotel Management 1. Berkaca pada masalah-masalah itu, film sebagai bahan otentik dianggap sebagai media pengajaran yang paling cocok karena dapat menyelesaikan kebosanan siswa selama proses belajar mengajar dan juga menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Selain itu, penggunaan film sebagai media pengajaran juga berdampak pada peningkatan siswa dalam berbicara bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Kemudian, penggunaan film sebagai bahan otentik dan media pengajaran juga dapat meningkatkan kemahiran dan motivasi siswa dalam berbicara dalam bahasa Inggris. Namun, diperlukan lebih banyak referensi film. Berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian ini, ada peningkatan pada pre-test dan post-test siswa. Pada pre-test, hanya ada 17 siswa atau 48,57% yang lulus KKM, sementara nilai siswa meningkat secara signifikan dalam post-test, mencapai 85,71% atau ada 30 siswa yang lulus KKM. Berdasarkan temuan, disarankan bahwa penggunaan film sebagai bahan otentik dan media pengajaran dapat menjadi strategi yang berguna untuk mengatasi masalah guru dan siswa dalam kemahiran berbicara.