Cultural Content Analysis In English Textbook Entitled “Bahasa Inggris” For The First Year Students Of Senior High School
Main Author: | Angela Noviani, Maria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/178293/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kontent budaya didalam teks buku Bahasa Inggris berdasarkan teori kategori kebudayaan dari Chao (2011) dan teori dimensi kebudayaan dari Moran (2001). Data diambil dari Buku Teks Bahasa Inggris untuk kelas X yang diterbitkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Terdapat 15 bab yang sudah di analisa oleh penulis menggunakan ceklis. Data diambil dari teks, gambar, kutipan, dan dialog. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan desain analisis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa buku ini memuat semua kategori dan dimensi kebudayaan berdasarkan teori dari Chao (2011) dan Moran (2001), walaupun masih ada beberapa kategori yang mendapat persentase sedikit. Peneliti menemukan bahwa kategori budaya didominasi oleh Universality across culture, sedangkan dimensi budaya didominasi oleh Practice budaya. Sebagai tambahan temuan, buku teks ini sudah memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh Pendidikan di Indonesia dalam membangun karakter siswa. Dari temuan tersebut, penulis merekomendasikan buku teks ini bagi guru Bahasa Inggris untuk mengajar siswanya serta disarankan untuk lebih memperkaya referensi untuk mengajar siswanya. Untuk penulis buku ini, peneliti menyarankan agar menambahkan beberapa konten budaya yang masih mendapat persentase kecil. Terakhir, peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya agar menggunakan penelitian ini sebagai teori dasar untuk melakukan penelitian yang sama dengan menggunakan buku dengan kelas dan penerbit yang berbeda serta menggunakan penelitian inix sebagai latar belakang untuk melakukan penelitian baru dengan meningkatkan\ beberapa dimensi budaya yang masih mendapat persentase rendah