Menciptakan Keunggulan Bersaing Dalam Manajemen Strategi Penggilingan Padi (Studi Kasus Pada Penggilingan Padi Djasa Bhakti, Turen, Malang)

Main Author: Pratama, Febby Candra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178274/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan praktik manajemen strategi Penggilingan Padi (PP) Djasa Bhakti yang membuat perusahaan memiliki keunggulan bersaing dan mampu beroperasi selama 40 tahun. Pendekatan kualitatif studi kasus digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui praktik manajemen strategi yang diterapkan oleh PP Djasa Bhakti yang sekaligus sebagai upaya penciptaan keunggulan bersaing perusahaan. Teknik pengambilan data melalui semi-structure in-depth interviews digunakan untuk menggali informasi dari 9 (sembilan) informan penelitian. Informan kunci adalah pimpinan perusahaan saat ini dan 8 (delapan) informan lainnya adalah pihak pemangku kepentingan (stake holders) yang berhubungan dengan PP Djasa Bhakti. Dari hasil penelitian diperoleh fakta bahwa PP Djasa Bhakti membedakan lingkungan perusahaan atas lingkungan eskternal dan lingkungan internal. Eksternal perusahaan terdiri dari konsumen, pemasok, pesaing, dan kebijakan-kebijakan pemerintah. Pengamatan atas lingkungan eksternal memunculkan peluang dan khusus untuk pengamatan pada pesaing dan kebijakan pemerintah dilakukan melalui komunitas Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras Indonesia (PERPADI) Malang. Internal perusahaan terdiri dari kapasitas produksi, sumber daya manusia, dan pemasaran. Internal perusahaan terus ditingkatkan agar dapat memuaskan konsumen dan meraih peluang yang muncul. Dari pengamatan atas lingkungan eksternal dan internal, perusahaan memutuskan untuk menggunakan strategi kepemimpinan biaya. Strategi yang digunakan membuat perusahaan mampu mencapai penjualan 50 ton per bulan dan memiliki keunggulan bersaing.