Strategi Pengembangan Industri Kreatif Subsektor Games Di Kota Malang

Main Author: Muhammad, Oase
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178194/1/OASE%20MUHAMMAD%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/178194/
Daftar Isi:
  • Pertumbuhan ekonomi di Kota Malang mencapai 6% tiap tahunnya, salah satunya didukung oleh adanya industri kreatif yang berkembang pada beberapa subsektor, salah satunya adalah subsektor games yang melibatkan pemuda kreatif serta 62 perguruan tinggi yang ada di Kota Malang. Namun, keberadaan industri kreatif games tersebut masih kurang berkembang karena rendahnya daya saing produk kurangnya sumber daya manusia. Oleh karena itu, penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi karakteristik industri kreatif games dan menyusun rencana aksi industri kreatif games menggunakan metode perencanaan strategis dan beberapa analisis terkait, seperti analisis aktor, PESTEL, SWOT, dan critical success factor. Hasil analisis aktor menunjukkan bahwa komunitas menjadi aktor utama pelaku perencanaan. Hasil analisa terhadap studio games menggambarkan terdapat 6 faktor yang menyebabkan pergeseran paradigma yaitu input, proses, output, promosi, pemasaran, dan target pasar yang digunakan sebagai dasar penyusunan rencana aksi berbasis value proposition yakni operational excellence. Penelitian ini menghasilkan 10 strategi pengembangan dan 23 rencana aksi pengembangan industri kreatif games di Kota Malang.