Strategies In Learning English Used By A Prominent First Year Student Of Smkn 12 Malang

Main Author: Indah Gita Hendarto, Ajeng
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178159/
Daftar Isi:
  • Strategi pembelajaran adalah langkah yang diambil oleh siswa untuk meningkatkan pembelajaran mereka sendiri. Strategi sangat penting untuk pembelajaran bahasa karena mereka adalah alat untuk aktif dan mandiri dalam mengembangkan kompetensi komunikatif (Oxford, 1990). Strategi pembelajaran bahasa juga memungkinkan siswa untuk memiliki tanggung jawab besar atas kemajuan mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran bahasa Inggris yang digunakan oleh salah satu siswa menonjol di sekolah menengah kejuruan. Penelitian focus pada strategi pembelajaran yang digunakan oleh satu siswa yang menonjol dari siswa tahun pertama di SMKN 12 Malang. Penelitian ini menggunakan studi kasus sebagai desain penelitian dimana data diperoleh melalui tiga instrument yaitu Observasi, tiga panduan Wawancara dan Kuesioner. Dari temuan menunjukkan bahwa, strategi pembelajaran bahasa Inggris yang paling banyak digunakan oleh siswa yang enonjol adalah strategi kognitif. Di mana siswa terkemuka suka membuat catatan singkat dan melakukan pengulangan untuk mengatasi kekurangannya dan memastikan dia ingat tentang kata atau materi. Siswa menonjol tersebut memiliki motivasi tinggi dalam belajar bahasa Inggris karena ia dapat mengelola motivasinya dengan baik.