The Effectiveness of and Students’ Perceptions on Flipped Classroom in Indonesian Undergraduate EFL Writing Performance

Main Author: Maharani, Amanda Vira
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178158/1/Amanda%20Vira%20Maharani%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/178158/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode flipped classroom pada mahasiswa S1 di kinerja menulis dan mengetahui persepsi mereka terhadap penerapan flipped classroom. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu. Flipped classroom diterapkan pada kelompok eksperimen dan kelas tradisional diterapkan pada kelompok kontrol. Total 57 mahasiswa semester empat jurusan Bahasa Inggris di Universitas Brawijaya berpartisipasi dalam penelitian ini. Persepsi ditemukan melalui kuesioner dan kuesioner disebarkan hanya ke kelompok eksperimen (N = 30) untuk mengetahui persepsi mereka tentang kelas terbalik. Kuesioner terdiri dari dua aspek, yaitu aspek kebermaknaan dan kompetensi. Data dihitung menggunakan SPSS dan Microsoft Excel. Temuan menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen meningkat dan skor rata-rata kelompok kontrol menurun. Selain itu, dalam hasil uji Mann-Whitney bahwa perbedaan antara rata-rata skor total dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah signifikan. Selain itu, menurut aspek rubrik penulisan, ada perbedaan yang signifikan pada tiga aspek penulisan, yaitu tujuan, kosakata, dan jumlah kata. Sementara itu pada aspek organisasi dan struktur, perbedaan antara skor rata-rata tidak signifikan atau kedua kelompok sama. Oleh karena itu, perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol membuktikan bahwa siswa yang belajar menulis menggunakan flipped classroom lebih efektif dalam meningkatkan aspek tujuan, kosakata, dan jumlah kata daripada siswa yang diajar menggunakan kelas tradisional. Kuesioner mengungkapkan bahwa pada aspek kebermaknaan sebagian besar siswa memiliki persepsi positif terhadap pelaksanaan flipped classroom. Di sisi lain, dalam aspek kompetensi, siswa merasa bahwa flipped classroom bermanfaat untuk kompetensi menulis mereka. Namun, untuk kegiatan pra-kelas, seperti menonton video dan membaca bahan elektronik, siswa memiliki berbagai persepsi di dalamnya. Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran diberikan. Disarankan bagi instruktur bahasa Inggris untuk menggunakan flipped classroom karena flipped classroom menerapkan e-learning dan kelas tatap muka. Dalam menerapkan kegiatan pra-kelas, disarankan untuk menggunakan media pembelajaran lain selain video, untuk memperluas pilihan, memenuhi kesesuaian siswa, dan juga meningkatkan 2 aspek penulisan yang lainnya. Untuk peneliti lebih lanjut yang mungkin tertarik dalam melakukan metode flipped classroom, disarankan untuk melakukan studi pada subjek lain. Studi serupa juga disarankan, mempertimbangkan singkatnya periode pada penelitian ini. Untuk mengetahui persepsi siswa, disarankan untuk peneliti selanjutnya melakukan wawancara dengan siswa untuk memperkaya data.