Students’ perceptions toward teacher feedback and peer feedback in writing class

Main Author: Devi Mahardhika, Masyita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178086/
Daftar Isi:
  • Umpan balik merupakan salah satu tugas penting yang harus dilakukan oleh guru karena umpan balik mendorong perkembangan siswa dalam menulis. Oleh karena itu, guru harus merancang dan menentukan jenis umpan balik terbaik untuk diterapkan di kelas menulis mereka. Umpan balik guru (langsung dan tidak langsung) dan umpan balik teman adalah beberapa jenis umpan balik tertulis yang sering diterapkan dalam kelas menulis. Penelitian ini menginvestigasi persepsi siswa terhadap umpan balik guru dan umpan balik teman dalam kelas menulis. Sebanyak 133 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Brawijaya dilibatkan untuk menjadi peserta penelitian karena mereka telah melalui semua kelas menulis dan diharapkan telah memiliki pengalaman dengan dua jenis umpan balik tersebut. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Kuisioner dengan empat-poin skala Likert digunakan sebagai instrument penelitian. Kuisioner terdiri dari 26 pertanyataan yang dibagi menjadi tiga bagian: latar belakang siswa, persepsi siswa terhadap umpan balik guru dan umpan balik teman, dan persepsi siswa terhadap umpan balik guru langsung dan umpan balik guru tidak langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki persepsi yang baik terhadap umpan balik guru (langsung dan tidak langsung) dan umpan balik teman sebaya di kelas menulis. Umpan balik guru secara langsung memiliki persentase paling tinggi diantra umpan balik guru secara tidak langsung dan umpan balik teman. Umpan balik guru secara langsung lebih efektif dalam memberikan perbaikan daripada umpan balik guru secara tidak langsung. Oleh karena itu, guru harus mempertimbangkan umpan balik terbaik untuk diterapkan dalam kelas menulis mereka karena setiap jenis umpan balik membawa efek, manfaat, dan kelemahan yang berbeda. Selain itu, penelitian selanjutnya diharapkan untuk mengambil data dari kelas yang partisipannya masih dalam proses belajar menulis