Pengenalan Kebudayaan Jepang oleh Nihongo Partners dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Jepang Siswa Kelas XII IBB SMA Negeri 1 Purwosari

Main Author: Tristian, Tutus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178085/
Daftar Isi:
  • Program Nihongo Partners merupakan salah satu program pemerintah Jepang untuk mengenalkan kebudayaan Jepang melalui bahasa. Program ini mengirimkan orang asli Jepang untuk menjadi mitra bagi guru bahasa Jepang dan mengenalkan kebudayaan Jepang di sekolah menengah di negara ASEAN, salah satunya di SMA Negeri 1 Purwosari. Pada tahun ajaran 2018/2019 untuk pertama kalinya ditempatkan Nihongo Partners di SMA Negeri 1 Purwosari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu kegiatan pengenalan kebudayaan Jepang yang dilakukan oleh Nihongo Partners, serta dampaknya terhadap motivasi belajar bahasa Jepang siswa kelas XII IBB di SMA Negeri 1 Purwosari. Penelitian ini menggunakan metode campuran sekuensial eksploratori. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dengan Ogura Fuya selaku Nihongo Partners untuk mengetahui kegiatan pengenalan kebudayaan Jepang dan kuesioner untuk mengetahui dampaknya terhadap motivasi belajar bahasa Jepang siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 31 siswa kelas XII IBB. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kegiatan yang dilakukan Nihongo Partners tidak hanya mengajarkan bahasa Jepang saja, akan tetapi Nihongo Partners juga mengenalkan berbagai macam kebudayaan Jepang seperti permainan tradisional Jepang, kesenian Jepang, pakaian tradisional Jepang, makanan Jepang, serta menceritakan bagaimana kehidupan di Jepang. Dengan adanya pengenalan kebudayaan Jepang ini, memiliki dampak terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil angket, motivasi siswa setelah adanya pengenalan kebudayaan Jepang oleh Nihongo Partners sebesar 73,25% dengan kriteria “kuat”. Siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar bahasa Jepang dan nilai bahasa Jepang mereka mengalami peningkatan.