Pengaruh intensitas penggunaan web renshuu.org sebagai media belajar mandiri terhadap peningkatan hasil belajar kanji

Main Author: Sheisa Aisya Billa, Ajeng
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178071/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran kanji level chuukyuu di Program Pendidikan Bahasa Jepang, tidak lagi terfokus pada pembelajaran yomikata dan kakikata, tapi lebih menekankan kepada gabungan kanji atau jukugo serta penggunaan kanji tersebut dalam konteks kalimat yang tepat. Pada tahun 2017, dosen mata kuliah Moji Dai Go memanfaatkan sebuah media ICT bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Moji Dai Go . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)intensitas mahasiswa menggunakan renshuu.org sebagai media belajar kanji dan (2)pengaruh intensitas penggunaan renshuu.org terhadap peningkatan hasil belajar kanji. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Menganalisis teori Dhalyono yang mengemukakan bahwa kuat lemahnya motivasi seseorang turut mempengaruhi keberhasilannya.. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa skor rata-rata intensitas penggunaan web renshuu.org sebesar 2.3 dan 22, jika dikategorikan tergolong sedang dan kategori rendah. Pengaruh penggunaan renshuu.org dengan peningkatan hasil belajar kanji sangat rendah yaitu 1,7% mempengaruhi nilai kuis dan 0,8% mempengaruhi nilai akhir