The use of kahoot! To prevent cheating during the test at smpn 10 malang

Main Author: Ajeng, Riyanti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178069/
Daftar Isi:
  • Saat ini teknologi memiliki kekuatan di setiap aspek kehidupan, khususnya pada bidang pendidikan. Teknologi tidak hanya digunakan sebagai media untuk menyampaikan materi di dalam kelas tetapi juga digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa melalui tes. Selain itu, penggunaan teknologi atau media online membantu mengurangi persentasi kecurangan siswa selama melakukan tes. Ada beberapa media online yang dapat digunakan dalam sistem pendidikan seperti Quizizz, Quizlet, Kahoot! dan Socrative. Dalam penelitian ini, Kahoot! terpilih sebagai salah satu media online yang digunakan untuk melakukan tes karena Kahoot! memiliki desain yang menyenangkan, penuh warna dan didukung dengan batas waktu untuk membantu mengurangi kesempatan siswa mencontek. Subjek penelitian ini adalah SMPN 10 Malang. Sekolah ini dipilih karena telah mengaplikasikan Kahoot! sebagai sistem yang berbasis onlinekomputer untuk melakukan tes. Kemudian, sekolah ini juga memiliki fasilitas dan sistem yang baik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 8J dan salah satu guru Bahasa Inggris . Kelas ini dipilih karena Kahoot! telah diterapkan di kelas ini dan membantu mengurangi persentase kecurangan. Penelitian ini menggunakan deskriptif-kualitatif karena penelitian ini menjelaskan tentang fenomena yang terjadi dalam kehidupan nyata. Fenomena yang terjadi dalam penelitian ini adalah Kahoot! dapat mengurangi persentase kecurangan selama tes. Kemudian, data diperoleh melalui observasi, kuisioner dan wawancara. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dalam penggunaan Kahoot! di kelas 8J SMPN 10 Malang dapat mencegah kecurangan saat melakukan tes. Meskipun aplikasi ini tidak 100% mencegah kecurangan, tetapi Kahoot! dapat membantu mengurangi persentase kecurangan siswa selama tes berlangsung. Karena Kahoot! dilengkapi dengan batas waktu yang dapat membantu mengurangi siswa untuk mencontek yang lain. Di sisi lain, para siswa juga menyatakan bahwa mereka menikmati saat menggunakan Kahoot! dalam melakukan tes karena aplikasi ini mudah digunakan. Selain itu, sang guru dapat menambah gambar dan video untuk mendukung pernyataan dan membuat siswa merasa senang dalam setiap tes