Representasi maskulinitas laki-laki jepang pada lima seri video iklan shiseido uno (analisis semiotika roland barthes)
Main Author: | Indah Nur Anisa, Iin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/178064/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan mengenai isu gender dan maskulinitas yang terdapat dalam media massa berdampak pada iklan yang menawarkan produk skincare khusus untuk laki-laki. Penelitian ini membahas mengenai maskulinitas laki-laki di Jepang yang direpresentasikan melalui media video iklan produk Shiseido UNO. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada analisis digunakan semiotika Roland Barthes yang menguraikan tanda secara denotatif, konotatif yang pada akhirnya membentuk mitos. Dari hasil penelitian ini, ditemukan mitos keseluruhan dari lima buah iklan Shiseido UNO ini ialah maskulinitas metroseksual (ikemen). Metroseksual (ikemen) yakni maskulinitas yang ditunjukkan dengan laki-laki yang merawat diri dan penampilannya. Dalam iklan Shiseido UNO ini, tiga brand ambassador yakni Takenouchi, Kubota dan Nomura digambarkan dapat meraih kesuksesan, memiliki hairstyle dan penampilan pakaian yang rapi, wajah yang sehat dan lembab. Mereka juga menjaga kesehatan tubuhnya dengan berolahraga