Pengaruh brand equity dalam prioritas pemilihan produk cosplay pada anggota komunitas cosmo di kota malang
Main Author: | Fajar, Fitrayana W. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/178060/ |
Daftar Isi:
- Budaya populer cosplay memunculkan peluang untuk menciptakan suatu lapangan pekerjaan baru seperti cosplayer sebagai guest star, peserta lomba yang mengincar hadiah pada event-event gelar Budaya Jepang, dan pembuat property perlengkapan cosplay. Terdapat salah satu anggota Komunitas COSMO yang senang membeli perlengkapan cosplay dengan Brand UWOWO. Brand tersebut menggunakan brand equity untuk mempengaruhi prioritas pemilihan produk cosplay pada konsumen. Brand equity terdiri dari brand association, brand awareness, percieved quality, dan brand loyality. Penelitian dilakukan di salah satu komunitas cosplay terbesar di kota Malang, yaitu Komunitas COSMO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ke-4 dimensi brand equity pada para anggota Komunitas COSMO dalam memilih perlengkapan cosplay untuk menghadapi perlombaan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori brand equity dari David Aaker. Jenis penelitian ini adalah campuran yang menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif untuk menggambarkan prioritas responden melalui variabel dan menjabarkannya dalam bentuk paragraf dengan teknik analisis deskriptif. Subjek penelitian adalah 12 orang anggota Komunitas COSMO. Hasil analisis menyatakan bahwa ke-4 dimensi brand equity sedikit mempengaruhi prioritas pemilihan perlengkapan cosplay pada para anggota Komunitas COSMO, tetapi pengaruh tiap dimensi secara rinci seperti brand association dan brand awareness tidak memiliki pengaruh yang signifikan, lalu brand loyality memiliki pengaruh sedikit signifikan, sedangkan percieved quality memiliki pengaruh sangat signifikan dalam prioritas pemilihan produk cosplay para anggota Komunitas COSMO baik yang membeli maupun membuat sendiri perlengkapan cosplay-nya