Makna seri iklan layanan masyarakat pada tahun 2016 dalam kereta api bawah tanah jepang (analisis semiotika charles sanders peirce)
Main Author: | Farina, Andarini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/178048/ |
Daftar Isi:
- Eksistensi iklan layanan masyarakat yang berbentuk poster manner masih sering dipamerkan di dalam kereta api bawah tanah khususnya pada perusahaan Tokyo Metro Cultural Foundation. Poster manner tahun 2016 menampilkan visual kanji sebagai visual utama. Tujuan penerbitan poster manner untuk memberikan pengaruh dan kesadaran penumpang dalam berperilaku di dalam kereta maupun di stasiun. Penelitian ini mengungkapkan makna pada poster manner dalam kereta api bawah tanah Jepang edisi tahun 2016. Poster manner tahun 2016 menonjolkan pada penggunaan visual kanji yang memiliki makna yang tersembunyi. Oleh sebab itu, makna pada poster manner dikaji dengan menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce melalui proses semiosis dengan analisis dari ikon, indeks, dan simbol untuk menemukan hubungan tanda dengan objeknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Dari analisis ini dapat disimpulkan bahwa iklan layanan masyarakat mengandung nasihat dan larangan diungkapkan melalui makna warna pada huruf kanji, warna poster, dan gestur pelaku manner. Ciri-ciri iklan yang mengandung nasihat yaitu bersikap ramah kepada penumpang lainnya serta menumbuhkan solidaritas dan kepercayaan antar penumpang. Yang termasuk iklan nasihat yaitu poster manner edisi April dan Juli. Ciri-ciri iklan yang mengandung larangan yaitu penumpang yang melakukan tindakan larangan tidak memperhatikan lingkungan di sekitarnya dan pengungkapan ketidaknyamanan penumpang di sekitar atas pelaku penumpang yang menyalahi aturan. Yang termasuk iklan larangan yaitu poster manner edisi Mei, Juni, September, dan Desember