A strategy to engage learning motivation on realizing tourism district (case study at brau hamlet, gunungsari village, batu)
Main Author: | Muhammad Yogi Arifky, Zuhri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/178039/ |
Daftar Isi:
- Brau, yang berlokasi di Desa Gunungsari, Kota Batu dan dikategorikan sebagai daerah tertinggal, mempunyai keinginan untuk membangun desa wisata. Namun, Brau memiliki beberapa masalah terkait membangun desa wisata and salah satunya harus memiliki sumber daya manusia yang bagus. Untuk memiliki SDM yang bagus, pendidikan dibutuhkan dan bisa meningkatkan kualitas dari SDM sehingga motivasi belajar dipertimbangkan untuk membangun desa wisata. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi untuk meningkatkan motivasi belajar dalam mewujudkan desa wisata di Brau. Penelitian ini menggunakan studi kasus sebagai metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dan subyek penelitian ini adalah remaja di Brau. Ada dua instrumen yang digunakan yaitu wawancara mendalam dan observasi. Terdapat 33 pertanyaan dalam wawancara dan 23 pernyataan di observasi. Hasil penelitian ini adalah remaja, bernama BW, mempunyai instrumnetal motivation, long term goals motivation, dan motivasi dari luar yang didiskusikan di analisis triangulasi. Hasil dari analisis triangulasi untuk menentukan strategi di analisis SWOT. Hasil dari analisis SWOT adalah Strategi SO, Strategi ST, Strategi WO, dan Startegi WT. Strategy SO dan WO merumuskan bahwa remaja seharusnya belajar bersama dengan temannya karena hal tersebut bisa meningkatkan motivasi belajar disamping orang tua mengawasi remaja apakah mereka belajar atau tidak. Di Startegi ST dan WT, orang tua mempunyai peran yang aktif untuk membuat remaja memiliki motivasi belajar