Penentuan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Jab Milk Di Koperasi Agro Niaga Jabung
Main Author: | Muhammad, Ifthor Dinana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/178011/1/IFTHOR%20DINANA%20MUHAMMAD%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/178011/ |
Daftar Isi:
- KAN Jabung adalah salah satu koperasi yang menjual olahan susu yang berada disekitar Kabupaten Malang dengan merek JAB Milk. KAN Jabung belum bisa menampung keseluruhan produksi susu segar yang dihasilkan oleh anggota peternak. Salah satu cara dalam menampung keseluruhan susu dari peternak adalah melakukan produksi pada olahan susu sendiri dan meningkatkan pemasaran pada produk JAB Milk. Produksi susu sebanyak 2.008 liter per hari atau 5% dari olahan susu pada KAN Jabung, namun penjualan terbanyak khususnya susu pasteurisasi mencapai 3838 unit per hari. Susu Pasteurisasi merupakan produk unggulan dari KAN Jabung yang difokuskan dalam meningkatkan pemasarannya. Pada tahun 2018-2019 target penjualan sekitar 96.000 hingga 100.000 botol per bulannya untuk produk ukuran 180 ml. Sedangkan, untuk produk dengan ukuran 1 liter memiliki target penjualan 18.000- 23.000 botol tiap bulannya. Penjualan JAB Milk pada outlet-outlet belum tercapai secara maksimal meskipun telah tersebar di beberapa outlet. Kendala yang dihadapi Koperasi Agro Niaga Jabung yaitu penjualan susu yang belum mencapai target sehingga memerlukan strategi baru untuk meningkatkan penjualan produk JAB Milk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga tahapan yaitu, yang pertama input stage penentuan IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (External Factor Evaluation) serta penentuan bobot faktor internal dan faktor eksternal menggunakan kuisioner yang telah dibagikan. Selanjutnya, tahap kedua matching stage matriks IE (Internal External) dan matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Thread) yang berguna untuk menentukan posisi serta alternatif strategi bagi perusahaan. Tahap terakhir adalah decision stage penentuan prioritas dalam strategi dengan matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) yang nilai AS-nya berdasarkan hasil wawancara dengan kepala Divisi manajer bisnis inti dari KAN Jabung Hasil analisis yang telah dilakukan pada Koperasi Agro Niaga Jabung dengan memasukkan beberapa unsur pada faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perumusan strategi dalam produksi JAB Milk, didapatkan hasil bahwa faktor internal dari KAN Jabung cukup baik dalam mengatasi kelemahannya yang didapatkan dari hasil analisis menggunakan matriks IFE (Internal Factor Evaluation) dan memiliki peluang dalam mengatasi faktor eksternal yang tinggi yang diperoleh dari hasil analisis menggunakan matriks EFE (External Factor Evaluation). Berdasarkan matriks QSPM, dapat menerapkan tiga strategi intensif yaitu penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Dalam analisis strategi penetrasi pasar yang dilakukan yaitu increasing awareness dan action to buy. Namun, strategi yang diterapkan yang pertama oleh Koperasi Agro Niaga Jabung yaitu penetrasi pasar sehingga dapat memanfaatkan internet dengan baik serta melakukan ekspansi retailer dalam penjualan di kota Malang dan sekitarnya.