Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Minat Belajar Bahasa Jepang Siswa Kelas XI IPS 5 SMA Negeri 7 Malang
Main Author: | Nihayah, Ayik Ulifatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/177955/ |
Daftar Isi:
- Metode pembelajaran dalam dunia pendidikan sangatlah penting. Salah satu metode pembelajran ialah metode pembelajaran Mind Mapping. Metode pembelajaran Mind Mapping ini ialah metode pemetaan pikiran dengan menggunakan catatan kreatif seperti gambar dan pemetaan konsep pelajaran yang diajarkan. Media dan metode pembelajaran memang berpengaruh terhadap menarik minat belajar para siswa. Media yang kreatif dan ringkas dapat mempermudah para siswa untuk belajar dan memahami materi yang diajarkan. Metode Mind Mapping berperan penting untuk menarik minat karena metode tersebut dapat mencakup beberapa aspek menarik minat seperti perasaan senang, aktif mencari bahan, tekun, kemauan mengerjakan tugas yang berhubungan dengan pelajaran yang diajarkan salah satunya pelajaran bahasa Jepang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket yang diisi oleh 36 Siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 7 Malang. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan menggunakan metode Mind Mapping dapat menarik minat belajar bahasa jepang para siswa dikelas namun tidak dengan penerapan diluar kelas atau sehari hari.