Correlation Between EFL Students’ Epistemic Beliefs and Their Speaking Achievement

Main Author: Rohmah, Kholifatur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/177953/
Daftar Isi:
  • Berbahasa Inggris adalah bahasa yang dominan digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia baik lisan maupun tulisan, karena itu adalah bahasa pergaulan yang digunakan untuk komunikasi internasional ke semua aspek kehidupan manusia seperti dalam pendidikan, ekonomi, politik, dan setiap bidang komunikasi. Oleh karena itu, kemampuan berbicara dikategorikan sebagai keterampilan utama yang harus dikuasai siswa. Namun, siswa Indonesia sebagai pembelajar EFL masih memiliki beberapa masalah dengan pembelajaran bahasa asing mereka terutama dalam berbicara. Masalah-masalah ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kurangnya motivasi, antar bahasa, dan kecemasan berbicara. Mempertimbangkan alasan tersebut, peneliti melakukan studi korelasional dalam konteks EFL untuk memperkaya studi. Itulah sebabnya peneliti melakukan penelitian saat ini pada mahasiswa tahun kedua sarjana di kelas Berbicara Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Brawijaya. Studi ini membahas tentang hubungan antara keyakinan epistemik siswa dan pencapaian studi berbicara mereka. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode korelasi, angket dan skor tes jangka menengah sebagai instrumen. Ada total 35 kuesioner yang direspon oleh siswa dalam kelas berbicara intensif dalam rangka menjawab masalah penelitian penelitian ini yang melakukan siswa dengan keyakinan epistemik yang canggih mencapai berbicara lebih baik daripada mereka yang memiliki keyakinan epistemik sederhana?. Kemudian, dalam menganalisis data, Peneliti menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa korelasi antara dua variabel yang merupakan keyakinan epietemik siswa EFL dan prestasi bicaranya tidak menunjukkan korelasi yang kuat. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa koefisien korelasi antara EFL Siswa 'Epistemic Beliefs (X) dan Speaking Achievement (Y) adalah 0,487 dikategorikan memiliki korelasi sedang sebagai korelasi yang dianggap signifikan pada tingkat 0,01. Sedangkan nilai P adalah .000 <0,01 yang menunjukkan bahwa kedua variabel menunjukkan korelasi yang signifikan. Dapat diasumsikan bahwa siswa dengan tingkat keyakinan epistemik EFL yang tinggi juga memiliki tingkat kemampuan berbicara yang tinggi.