Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei pada Mahasiswa Pengguna Sepatu Merek Vans di Universitas Brawijaya Malang)

Main Author: Akbar, Gumelar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/177855/1/Gumelar%20Akbar.pdf
http://repository.ub.ac.id/177855/
Daftar Isi:
  • Perkembangan dunia bisnis di Indonesia pada saat ini sedang mengalami kemajuan yang pesat. Laju perkembangan yang terjadi membawa dampak pada perubahan sosial ekonomi masyarakat yang begitu cepat sehingga mempengaruhi gaya hidup serta tren yang ada. Fenomena terkait tren sneakers di Indonesia semakin banyak terjadi. Banyaknya penggemar sneakers di Indonesia membuat perusahaan dalam negeri dan luar negeri bersaing untuk memperluas dan mempertahankan pangsa pasar mereka untuk menjaga loyalitas pelanggan dalam menggunakan dan membeli produknya. Beberapa hal yang perlu dikedepankan produsen fashion untuk mendapatkan loyalitas konsumen adalah membangun citra merek yang kuat dan menentukan harga yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif, serta menggunakan metode penelitian survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 orang responden, dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Citra Merek dan Harga berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Loyalitas Pelanggan. Variabel Citra Merek dan Harga berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan. Variabel Harga merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan.