Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Peurusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Main Author: Nurofiqoh, Agilia Zahroh
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/177845/1/Agilia%20Zahroh%20Nurofiqoh.pdf
http://repository.ub.ac.id/177845/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berfokus pada perusahaan-perusahaan perbankan pada tahun 2014-2016 yang menerbitkan laporan tahunan dan keuangan secara lengkap pada Bursa Efek Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas yang diukur dengan ROA dan ROE terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan PBV dan CSR mampu memperkuat pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian pada pengaruh ROA terhadap PBV dengan CSR memperkuat pengaruh ROA terhadap PBV menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara profitabilitas terhadap nilai perusahaan, setiap peningkatan ROA akan menyebabkan peningkatan pada PBV, CSR sebagai variabel moderating tidak mampu memperkuat pengaruh ROA terhadap PBV tetapi dapat berperan sebagai moderator. Hasil penelitian pada pengaruh ROE terhadap PBV dengan CSR memperkuat pengaruh ROE terhadap PBV menunjukkan adanya pengaruh ROE terhadap PBV secara signifikan dimana peningkatan nilai ROE akan menyebabkan peningkatan pada PBV, CSR sebagai variabel moderating tidak mampu memperkuat pengaruh ROE terhadap PBV tetapi dapat berperan sebagai variabel moderator.