Implementasi Syariah Marketing dalam Penetapan Strategi Pemasaran (Studi pada PT. Vauza Tamma Abadi)
Main Author: | Ismayanti, Yulia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/177813/1/Yulia%20Ismayanti.pdf http://repository.ub.ac.id/177813/ |
Daftar Isi:
- Kebutuhan masyarakat akan ibadah ke tanah suci, membuat travel umroh berlomba-lomba menggunakan strategi harga untuk mendapatkan konsumen. Sehingga kejujuran dan transparansi dalam bisnis travel sangat diperlukan. Di antara banyak bisnis travel yang berdiri di Kota Malang, PT. Vauza Tamma Abadi merupakan salah satu bisnis yang bergerak di bidang travel umroh. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh travel umroh harus sesuai dengan ketentuan agama Islam. Oleh sebab itu syariah marketing dalam hal ini sangat diperlukan dalam menggunakan strategi pemasaran, sehingga penelitian ini mengangkat judul “Implementasi Syariah Marketing dalam Penetapan Strategi Pemasaran”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan memiliki dua rumusan masalah yaitu, (1) Bagaimana implementasi syariah marketing pada PT. Vauza Tamma Abadi?; (2) Bagaimana dampak syariah marketing sebagai strategi pemasaran PT. Vauza Tamma Abadi? Sumber data yang digunakan peneliti diperoleh dengan dua sumber, yaitu sumber data primer melalui informan dan sumber data sekunder melalui situs sosial media, jurnal, dan skripsi. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) PT. Vauza Tamma Abadi menerapkan prinsip-prinsip syariah marketing dalam proses pemasarannya. (2) penerapan karakteristik dalam syariah marketing untuk menunjukkan kualitas pelayanan kepada konsumen. (3) terdapat beberapa hambatan dalam penerapan syariah marketing pada PT. Vauza Tamma Abadi.