Analisis Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Clungup Mangrove Conservation (CMC) Tiga Warna di Kabupaten Malang dengan Menggunakan Pendekatan Perceptual Mapping (Survei pada Wisatawan di Kabupaten Malang)

Main Author: Hawanti, Melati Amalia Gono
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/177785/1/Melati%20Amalia%20Gono%20Hawanti.pdf
http://repository.ub.ac.id/177785/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui positioning Pantai Tiga Warna di Kabupaten dan menjelaskan strategi pengembanganya. Jenis penelitian ini adalah exploratory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah brand image, brand awareness, market share, dan brand preference. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan jenis pengambilan sampel yaitu convenience/accidental sampling dan metode pengumpulan data intercept survey dengan menyebarkan kuesioner kepada 102 responden (wisatawan atau pengunjung) secara langsung di beberapa destinasi wisata pantai di Kabupaten Malang. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis multidimensional scalling, dan analisis crosstabulation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Destinasi Clungup Mangrove Conservation (CMC) Tiga Warna berada pada frekuensi delapan destinasi wisata pantai teratas di Kabupaten Malang namun belum memperoleh peringkat teratas pada kategori top of mind, brand recall, most visit, dan most favorite dan hasil perceptual maps menunjukkan bahwa CMC Tiga Warna dipersepsikan memiliki atribut Eksklusif. Hasil analisis perceptual maps menunjukkan bahwa destinasi CMC Tiga Warna berada pada zona tiga dan merupakan satu-satunya destinasi yang berada pada zona ini. Menurut hasil analisis crosstabs diperoleh kesimpulan bahwa jumlah kunjungan wisatawan didominasi oleh wisatawan pada rentang usia 21 hingga 40 tahun dan memiliki pola kunjungan yaitu menyukai perjalanan yang telah direncanakan sebelumnya, mayoritas berasal dari daerah di luar Malang Raya, dan memiliki tingkat pengeluaran wisata yang cukup tinggi sehingga wisatawan dengan karakteristik ini dapat dijadikan sebagai target pasar untuk pengembangan destinasi wisata Clungup Mangrove Conservation (CMC) Tiga Warna.