Pengaruh Kenaikan Harga Rokok, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Loyalitas Konsumen (Studi pada Konsumen Rokok Apache di Kabupaten Blitar)

Main Author: Saputri, Mega Popy Oktavia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/177784/1/Mega%20Popy%20Oktavia%20Saputri.pdf
http://repository.ub.ac.id/177784/
Daftar Isi:
  • Cukai merupakan pungutan negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat atau karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh Undang-undang. Kenaikan Harga Rokok merupakan upaya pemerintah dalam rangka mengendalikan konsumsi dengan tujuan kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Kenaikan Harga Rokok, kualitas produk, dan citra merek terhadap loyalitas konsumen. Variabel dalam penelitian ini meliputi Kenaikan Harga Rokok (X1), Kualitas Produk (X2), Citra Merek (X3) dan Loyalitas Konsumen (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen rokok Apache di Kabupaten Blitar. Sampel yang digunakan sebanyak 96 (sembilan puluh enam) responden, diperoleh menggunakan perhitungan rumus dari Hasan.data diperoleh secara langsung dari responden dengan menggunakan instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial yang diolah menggunakan SPSS 26 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kenaikan Harga Rokok (X1) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen (Y); Kualitas Produk (X2) dan Citra Merek (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen (Y). Hasil total R2 sebesar 71,2% mengindikasikan bahwa dalam hipotesis penelitian ini, variabel independent dapat mempengaruhi variabel dependent sebesar 71,2%, sedangkan sebesar 28,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.